Manfaat Air Kelapa Muda untuk Kesehatan Tubuh

Air kelapa muda adalah minuman alami yang memiliki banyak manfaat dan memiliki banyak kandungan yang dapat mencegah atau menyembuhkan berbagai penyakit.

Kelapa muda merupakan minuman yang berasal dari Indonesia yang banyak digemari oleh orang-orang, selain dapat menghilangkan rasa haus kelapa muda juga mempunyai banyak manfaat.

Manfaat air kelapa muda

Berikut Manfaat Air Kelapa Muda untuk Kesehatan Tubuh  :

1. Mencegah Penuaan Dini

Air kelapa muda mengandung asam laurat dan sitokin, dua elemen penting yang digunakan dalam proses pertumbuhan dan regulasi sel.

Kadungan ini memiliki peran signifikan terhadap anti-penuaan dini, anti-karsinogenik dan anti-trombotik yang membantu untuk meminimalkan penuaan kulit, menyeimbangkan tingkat PH dan menjaga jaringan kulit.

2. Mencegah Gangguan Pencernaan

Air kelapa muda mengandung lemak yang rendah dan juga kalori yang rendah. Segelas air kelapa muda dalam proses pencernaan dapat meghindarkan dari peradangan.

 

Hal ini dikarenakan air kelapa muda memiliki asam laurat yang menyembuhkan gangguan pencernaan saluran.

3. Menurunkan Berat Badan

Air kelapa muda terbukti sangat efektif untuk menurunkan berat badan. Minuman ini telah dilihat sebagai salah satu cara paling sehat untuk menurunkan berat badan karena merupakan minuman alami dan tidak mengandung bahan kimia apapun.

 

Air kelapa muda telah digunakan selama berabad-abad di seluruh dunia untuk menurunkan berat badan dan telah menunjukkan hasil yang positif.

 

Bagaimana caranya untuk menurunkan berat badan ? Cobalah minum air kelapa muda, perut akan terasa terisi full karena sangat mudah diserap tubuh sehingga akan menunda rasa lapar anda.

4. Mengurangi Tekanan Darah Tinggi

Air kelapa muda dapat mempercepat naiknya trombosit bagi penderita DBD dan menurunkan demam (trombosit turun karena dipakai untuk mencegah pendarahan,

karena demam tinggi mengakibatkan pengentalan darah, dan pembuluh darah membesar).

5. Cocok untuk Penderita Jantung dan Diabetes

Air kelapa muda termasuk air yang rendah gula. Jadi, air kelapa termasuk minuman yang bergizi bagi penderita jantung dan penderita diabetes.

Air kelapa muda juga dipercaya meningkatkan HDL (kolesterol baik) yang sangat baik untuk mencegah penyakit jantung.

 

Membantu untuk melebarkan pembuluh darah yang bisa mengecil karena pembentukan plak dan membantu darah mengalir lancar sehingga akan mengurangi diabetes. Hal ini juga membantu untuk melawan aterosklerosis.

6. Baik untuk Kesehatan Kulit

Air kelapa merupakan salah satu nutrisi yang dapat anda usapkan di wajah dan biarkan semalaman. Ia memiliki sifat memperbaiki dan baik untuk kulit bahkan dapat diterapkan pada tangan dan kuku.

 

Air kelapa dapat untuk mengatasi jerawat. Caranya yaitu dengan mencuci muka setiap hari secara rutin dengan air kelapa. Selain itu, air kelapa juga dapat untuk mengatasi noda-noda hitam, kerutan pada wajah, kulit kering, dan wajah bisa tampak menjadi berseri.

7. Baik untuk Ibu Hamil

Air kelapa memiliki manfaat yang besar jika dikonsumsi oleh ibu hamil, tetapi sebagian orang tidak mempercayai itu. Jika ibu hamil rajin meminum air kelapa, terutama di trimester ketiga, maka air ketuban akan bersih dan bayi yang dilahirkan dan juga bersih kulitnya, lebat rambutnya, dan matanya akan bening.

 

Selain itu air kelapa dapat meredakan ‘morning sickness’ dan mencegah muntah-muntah. Selain mengandung elektrolit, kalsium, potasium, sodium, air kelapa juga mengandung Vitamin C yang dibutuhkan selama waktu kehamilan.

8. Pengganti Cairan Tubuh

Setelah beraktivitas yang menghabiskan tenaga, maka ion-ion dalam tubuh akan berkurang. Air kelapa memiliki elektrolit alami yang bisa menukar cairan tubuh yang hilang tersebut.

9. Penyakit Batu Ginjal

Air kelapa muda juga membantu dalam melarutkan batu ginjal karena memiliki kandungan kalium yang memainkan peran kunci dalam proses alkali urin dan mencegah pembentukan batu ginjal.

10. Antioksidan

Air kelapa muda memiliki kandungan antioksidan yang cukup baik untuk membantu menghilangkan radikal bebas. Efek racun penggunaan antibiotik dan obat sulfa juga bisa di atasi dengan konsumsi buah ini.

 

Pada saat mengkonsumsi obat, air kelapa  juga baik karena akan membantu mempermudah penyerapan.

11. Kesehatan Kardiovaskular

Penelitian telah menunjukan bahwa orang dengan tekanan darah tinggi biasanya memiliki kadar kalium yang rendah.

Manfaat minum air kelapa secara teratur sangat efektif dalam mengatur tekanan darah karena ia memiliki kandungan kalium dan asam laurat.

12. Sebagai Infus

Air kelapa dapat dijadikan sebagai infus. Hal ini umumnya dipakai oleh angkatan militer jika diperlukan saat tengah beroperasi di rimba atau dalam situasi terdesak.

13. Membersihkan Racun dari Tubuh

Air kelapa merupakan minuman energi dengan enzim bioaktif yang meningkatkan metabolisme dan meredakan rasa lelah. Sehingga air kelapa dapat membersihkan racun dari tubuh.

14. Menyembuhkan Infeksi Urin

Air kelapa adalah obat alami untuk menyembuhkan infeksi urin. Hal ini tentu berlaku pada kesehatan ginjal dan batu uretra.

Air kelapa juga dikenal sejak dahulu dapat menyembuhkan gangguan saluran kencing. Segelas air kelapa akan meredakan rasa sakit akibat susah kencing.

15. Mengobati Luka

Selain air kelapa diminum, ternyata air kelapa dapat untuk mengobati luka, telapak kaki pecah-pecah, bahkan eksem. Caranya yaitu dengan membuat obat oles yang terbuat dari beras dan air kelapa.

 

Untuk membuatnya adalah ambilah segenggam beras, lalu rendamlah beras tersebut ke dalam air kelapa bersamaan dengan tempurungnya, sampai beras terasa asam karena peragian, kemudian beras ditumbuk hingga halus.

16. Menyehatkan Rambut

Air kelapa juga dipercaya dapat menyehatkan rambut dan melebatkan rambut, sehingga rambut menjadi sehat alami.

17. Sebagai Diuretik

Air kelapa bermanfaat untuk memperlancar pengeluaran air seni. Air kelapa yang dicampur dengan sedikit sari jeruk sitrun bermanfaat untuk mengatasi dehidrasi, juga untuk memerangi gangguan cacing dalam perut anak-anak kecil.

Demikianlah yang bisa saya sampaikan tentang manfaat air kelapa, sebelumnya saya mohon maaf apabila di dalam artikel ini mungkin ada kesalahan kata. Selamat mencoba dan Semoga membantu.

Leave a comment

A WordPress.com Website.

Up ↑